Tips Puasa Yang Menyehatkan

Berikut kami sajikan tips-tips didalam menjalankan ibadah puasa (dari sudut pandang kesehatan) agar puasa yang kita kerjakan tidak menyebabkan berbagai masalah dan keluhan yang tidak mengenakan  :

Perbanyak minum air putih dimalam hari.

Siang hari selama kita puasa, tentu cairann yang masuk kedalam tubuh kita tidak ada. Oleh karena itu, dimalam  hari kita harus memperbanyak minum air putih agar kita tidak kekurangan cairan sehingga proses metabolisme sel-sel tubuh kita tetap berjalan dengan sempurna. Dihari berikutnya ketika kita puasa, kita juga tidak akan terlalu merasakan lemas yang berlebihan.

Kerjakan pekerjaan yang menguras lebih banyak tenaga di pagi hari.

Di pagi hari setelah kita makan sahur, tentu tersedia energi yang melimpah yang siap untuk digunakan. Maka dengan mengerjakan pekerjaan yang menguras tenaga di pagi hari akan menjadikan pekerjaan itu ringan untuk di kerjakan.

Kurangilah aktifitas fisik yang menguras tenaga di siang dan sore hari.

Hal ini dikarenakan sumber pasokan tenaga yang kita punyai sudah berkurang, sehingga apabila kita beraktifitas fisik di siang dan sore hari akan menjadikan tubuh kita bertambah lemah dari sebelumnya.

Berbukalah dengan minuman yang manis dan hangat.

ketika kita bepuasa, maka zat gula sebagai sumber tenaga bagi diri kita secara langsung ataupun tidak langsung akan mengalami pnurunan. Oleh karena itu sewaktu berbuka harus kita ganti agar keseimbangannya tetap terjaga.

Minuman yang hangat akan menghindarkan kita dari gangguan perut kembung, karena selama puasa kondisi badan kita akan menjadi panas. Dengan meminum minuman yang dingin, tentu akan langsung menurunkan suhu tubuh kita secara drastis dan berakibat perut menjadi kembung, perasaan mau muntah dan rasa mual yang tidak mengenakan.

Berbuka puasa dengan makanan sedikit demi sedikit.

Perasaan lapar yang amat sangat setelah berpuasa haruslah tetap kita kendalikan disaat kita berbuka, karena itulah sebagian inti ibadah puasa. Berbuka puasa dengan makanan yang sedikit demi sedikit maka secara tidak langsung kit telah meringankan kerja usus didalam mencerna makanan yang ada didalam perut kita.

Berbuka puasa dengan menu makanan yang mengandund gizi yang lengkap (meskipun tidak harus mahal)

Kinerja dari organ kita akan tetap berfungsi dengan baik apabila zat gizi yang menopangnya tepenuhi dengan cukup. Karbohidrat yang merupakan sumber energi harus terpenuhi, potein sebagai zat tumbuh kembang dan perbaikan berbagai organ harus terpenuhi, vitamin dan mineral yang membantu metabolisme dan memelihara fungsi organ juga harus tersedia. Itulah mengapa kita harus berbuka dengan makanan yang mengandung gizi yang lengkap.

Demikianlah sedikit tips berpuasa dari kami, semoga bermanfaat.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa

Dan semoga kita dapat berjumpa “Hari Kemenangan” dengan badan tetap sehat dan dengan hati yang gembira.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: