Komputer, Internet dan Kemudahan (revisi) Tugas-Tugas Kita

Seiring dengan berjalanya waktu, barang atau benda apapun yang dipakai pasti akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan rusak sama sekali. Demikian juga dengan bangunan gedung atau kantor, setelah lama dipakai maka lambat laun pasti akan mengalami kerusakan juga, baik itu kerusakan yang ringan ataupun juga kerusakan yang berat.

Beberapa waktu yang lalu Puskesmas Jumo mendapat surat edaran dari Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung tentang adanya dana rehabilitasi atau dana perbaikan untuk sarana dan prasarana di puskesmas khususnya untuk bangunan gedung. tidak banyak memang, tapi lumayan juga kalau dana itu bisa digunakan untuk perbaikan.

Setelah berkas disusun dan nota serta kuitansi dibuat, maka berkas terus dikirim ke dinas. Tetapi alangkah sedihnya, setelah diteliti, ternyata nota yang dikirim salah kode rekeningnya. Dengan besar hati akhirnya berkas dibawa pulang untuk di perbaiki setelah sebelumnya bertanya ini itu tentang kekurangan yang lain. Padahal untuk penyusunan berkas itu saja memakan waktu yang cukup lama karena harus minta cap kesana kemari.

Hari kedua berkas sudah direvisi selanjutnya dibawa ke dinas lagi untuk diajukan. Dan setelah diteliti akhirnya, sim salabim berkasnya ……………….masih salah juga. Hadowwwww bagaimana ini ?? sudah capek-capek bikin berkas dan dan mengirimkanya dari Jumo yang lumayan jauh dari Kota Temanggung ternyata masih salah juga. Akhirnya berkas dibawa pulang lagi untuk dilakukan revisi. Cukup memakan waktu juga ya.

Zaman sudah semakin canggih berbagai teknologi seharusnya bisa kita manfaatkan untuk membantu meringankan tugas-tugas kita. Berkaca dari pengalaman tadi, sebetulnya hal itu bisa kita antisipasi dengan memanfaatkan teknologi komputer dan internet. Misal dengan mengcopikan contoh nota atau berkas yang sudah benar kemudian di masukan ke CD atau di copy ke flashdisk tentu dapat meminimalisir kekeliruan dan kesalahan yang mungkin terjadi . Atau dengan mengirimkan contoh berkas yang benar melalui email tentu akan menghemat waktu dan biaya transpotasi khususnya untuk revisi berkas yang berulang-ulang. Tak lepas dari berbagai kendala yang mungkin ada, hal ini patut juga kita coba dimasa yang akan datang.

Silahkan menanggapinya lewat kolom komentar dan terimakasih.

Catatan :
Tulisan ini di buat bukan untuk memojokan siapapun atau pihak manapun. Penulis hanya berharap agar tulisan kecil ini dapat lebih membuka wacana berpikir kita semua. Apabila ada yang tidak berkenan dengan tulisan ini, mohon untuk dimaafkan.

2 Tanggapan

  1. saya mampir ke web ini karena kebetulan muncul di gugel waktu searching kecamatan jumo karena Jumo adalah kecamatan dgn banyak desa yang melakukan
    komputerisasi program sisdaduk (sistem data penduduk) yang kami pasok, diantaranya
    desa padureso, gunung gempol, kertosari, jumo, karangtejo, Jamusan, Jombor, dll.
    Melihat situs puskesmas jumo, saya jadi berfikir bahwa IT di kecamatan jumo sudah cukup maju. Akan sangat menguntungkan dan memudahkan serta menghemat waktu jika pendataan pelayanan publik juga dilakukan secara komputerisasi.

    • Betul sekali mas, walaupun masih secara sporadis dan belum dimanajemen dengan baik, akan tetapi wilayah dikecamatan Jumo sudah mulai tersentuh perkembangan teknologi.
      Hal ini tentu akan lebih baik lagi apabila stakeholder yang berkedudukan di kabupaten lebih melakukan pembinaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: